Kamis, 13 Januari 2011

Usaha P.T KramaYudhaTigaBerlian Motor menghadapi pasar

http://digilib.mercubuana.ac.id/skripsi1.php?ID_Skripsi=0000012080&NIM=4430411-036
      Persaingan dunia otomotif semakin gencar hal ini tidak hanya terjadi pada 
kendaraan berpenumpang saja akan tetapi kendaraan niagapun turut meramaikan persaingan ini. Aktifitas promosi mereka lakukan demi mendapatkan porsi atau kue penjualan produk mereka. Melihat perkembangan tersebut KTB selaku pemimpin pasar kendaraan niaga untuk tidak lengah terhadap kondisi sekarang ini. oleh sebab itu KTB berusaha membuat cara-cara baru untuk memantapkan posisi perusahaan dalam pasar agar dapat terus bertahan dan tetap sebagai pemimpin pasar dalam persaingan industri ini. 

     Cara yang umum dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan produk dan perusahaannya ke khalayak adalah melalui promosi yang terdiri dari iklan, personal selling, sales promotion maupun melalui publisitas. Promosi itu juga yang dilakukan KTB untuk mempromosikan truk baru dari Mitsubishi Fuso Colt Diesel Turbo Intercooler. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi yang 
dijalankan PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors untuk produk baru Mitsubishi Fuso-Colt Diesel Turbo Intercooler di tahun 2007. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus yaitu metode yang mempelajari permasalahan suatu objek, dalam hal ini PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors. 

      Selanjutnya dijelaskan bagaimana mereka melaksanakan strategi promosi, kemudian dianalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan oleh objek berlandaskan kerangka teori yang ada. 
Hasil penelitian tersebut penulis menarik kesimpulan bahwa strategi promosi 
truk Mitsubishi fuso-colt diesel ini menggunakan strategi push dan pull. Dimana untuk push strategy terdiri dari promosi penjualan dan penjualan pribadi, sedangkan pull strategy menggunakan media periklanan dan publisitas.



Tanggapan : menurut saya case yang 1 ini terdapat knowledge management,yaitu memiliki knowledge goal yang ingin dicapainya untuk bisa menghadapi pasar yang sekarang ini sedang ketat dalam persaingan,PT,KTB juga membuat produk-produk baru agar bisa menjadi daya tarik konsumen,serta bisa mencapai target produksi maksimal,serta menggunakan strategi push and pull dengan media periklanan dan publikasi ke masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar